"Selamat Datang Di Blog Saya"

Mengenai Blog !

Mengingat bertambahnya usia, kemampuan daya ingat semakin berkurang, setiap orang tidak ingin terlalu cepat terserang alzemeir alias cepat pikun atawa pelupa. Proses belajar dan membaca, merupakan cara mudah melatih otak untuk selalu bekerja dan beraktifitas.
Semangat mempertahankan cara kerja otak tetap maksimal semakin berkobar, akhirnya saya belajar secara otodidak cara membuat blog atau website. Walau terkadang muncul kebosanan, dengan terbatasnya waktu dan bahasa. Berbekal pepatah "kalau ada kemauan pasti ada jalan". Ternyata banyak hal baru yang belum pernah saya ketahui membuat saya lebih bersemangat. Dengan tekad "never give up", saya buat blog ini buat teman-teman pemula seperti saya. Sekalian sebagai peyimpanan file untuk hal-hal baru.
Mudah-mudahan dapat bermanfaat!
Sukses selalu. "Jangan pernah Menyerah!"

Tuesday, December 8, 2009

Cara Memasukkan Comment Di Blogspot

Tadinya saya cuma iseng-iseng menyalurkan hobby menulis saya dengan membuat blog. Ternyata lama kelamaan memiliki blog semakin membuat ketagihan untuk menambah dan menambah artikel-artikel atau buah pikiran setiap hari. Apalagi, kalau ada yang memberikan comment di artikel. Rasanya hormon adrenalin mengalir kencang memacu untuk lebih menuangkan isi hati melalui tulisan-tulisan di blog. Walau baru tahap coba, coba dan belajar.

Ternyata memiliki blog hanya beda-beda tipis seperti hidup bertetangga. Hidup bertangga adalah dunia nyata dimana kita hidup berdampingan, saling bertegur sapa, saling tanya kabar, saling membantu, dapat memberikan senyuman, bahkan bisa memberikan oleh-oleh setiap kali kita pulang dari luar kota, atau ada acara. Ternyata memiliki blog juga tidak berbeda jauh seperti hidup bertetangga. Perbedaannya, memiliki blog kita memiliki tetangga atau teman-teman di dunia maya. Walaupun hidup dan bertemu di dunia maya, boleh dikata dengan memiliki blog, dapat melatih sifat bersosial sebagai makhluk sosial, walau hanya di dunia maya.

Cara berhubungan dengan para pengunjung blog kita atau sesama blogger, dapat menambah teman baru, untuk saling bertukar pendapat, bertukar pikiran, berbagi ide, berbagi cara pandang atau yang terpenting adalah bertegus sapa. Dengan adanya teman-teman yang membaca tulisan kita, bisa menambah semangat kita untuk lebih meningkatkan tulisan artikel yang akan di tulis. Memiliki teman-teman yang meninggalkan comment di blog, dapat menambah semangat untuk memulai hari setiap hari. Hubungan kita tetap dapat terjalin baik dengan saling bertegur sapa sesama blogger atau pengunjung blog kita

Cara memasukkan comment di blog
Bagi para blogger pengguna Wordpress, mereka menyediaan fasilitas Widget/Gadget yang bisa menampilkan Recent Comments ataupun Recent Entries di halaman blog anda, tetapi bagi blogger pengguna blogspot, sangat disayangkan mereka tidak menyediakan Widget/Gadget yang bisa menampilkan Recent Comments ataupun Recent Entries di halaman blog kita. Tetapi tidak usah khawatir, walaupun blogspot tidak menyediakan fasilitas seperti pada wordpress bukan berarti para blogger pengguna blogspot tidak dapat bertegur sapa atau menjawan setiap comment yang dikirimkan pembaca. Karena Recent Comments cukup penting, sebagai termometer untuk memonitor atau menjawab/reply setiap Comments yang masuk ke blog kita tanpa harus login ke Blogger.

Ikuti langkah berikut untuk membuat Recent Comments di Blogspot, dengan memanfaatkan bantuan feed widget.
1. Login ke Blogger

2. Klik Layout kemudian Page Element

3. Klik Add a Gadget di posisi yang Anda inginkan

4. Pilih Feed, isikan http ://nama.blogspot.com/feeds/comments/default

5. Setting-an lainnya atur sesuai kebutuhan, lalu Save Changes

Untuk Recent Entries caranya sama, cuma URL-nya diganti seperti ini

http ://nama.blogspot.com/feeds/posts/default
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment